Jumat, 28 November 2014

program semester kelas XII SMA n 2 Ardhis

PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas                           : XII
Satuan Pendidikan      : S M A N 2 ARDHIS PARIAMAN
Semester                      :  I  (Satu)
Tahun Ajaran              : 2014-2015

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
September

Oktober
November
Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1  Menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan dan transportasi.

4.1 Mencoba menginterpretasi citra penginderaan jauh untuk perencanaan tata guna lahan dan transportasi.
PENGINDERAAN JAUH UNTUK TATA GUNA LAHAN DAN TRANSPORTASI
·        Konsep penginderaan jauh (jenis, aspek interpretasi, manfaat dan keunggulan penginderaan jauh)
·        Penginderaan jauh untuk tata guna lahan
·        Penginderaan jauh untuk pengembangan jaringan transportasi
·        Tata kelola dan lembaga penginderaan jauh di Indonesia
20 x 45’

























3.2      Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.

4.2     Menyajikan contoh hasil analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam kehidupan sehari-hari.


PEMETAAN DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMBANGUNAN
·      Dasar-dasar peta dan pemetaan
·      Prinsip Sistem Informasi Geografiis
·      Sumber data dan basis data Sistem Informasi Geografis (SIG).
·      Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan.
·      Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana
20 x 45’

























3.3       Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah.

4.3       Membandingkan pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dengan kota dengan menggunakan peta tematik.
INTERAKSI SPASIAL DESA DAN KOTA
·    Pola keruangan desa
·    Pola keruangan kota
·    Interaksi desa dengan kota dalam pengembangan ekonomi daerah
·    Perkembangan kota dan masalah alih fungsi lahan.
·    Interaksi desa-kota kaitannya dengan distribusi barang dan orang serta pengembangan ekonomi wilayah.
12 x 45’

























3.4        Menyusun konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan nasional.

4.4  Mengomunikasikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan nasional dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.
PERCEPATAN PERTUMBUHAN WILAYAH
·    Wilayah dan perwilayahan
·    Kutub dan pusat pertumbuhan wilayah
·    Pertumbuhan wilayah berkelanjutan
·    Kajian daya dukung untuk pertumbuhan wilayah
·    Sistem perencanaan wilayah nasional
22 x 45’


























3.5  Menyusun kajian regional negara maju dan negara berkembang untuk terjalinnya hubungan yang saling menguntungkan.

3.6  Membuat   rancangan kerjasama saling menguntungkan antara negara maju dan negara berkembang dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya
KAJIAN REGIONAL DAN INTERAKSI ANTARA NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU
·    Sebaran negara-negara berkembang dan negara maju
·    Karakteristik negara berkembang dan negara maju
·    Pola pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dan negara maju
·    Jalinan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan negara sahabat
10 x 45’

























Keterangan :

               = Ulangan Harian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar