ANALISIS INDIKATOR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA N 2 ARDHIS PARIAMAN
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester : XII/1
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
3.1 Menganalisis
pemanfaatan peta dan Sistem Informasi
Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan,
kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.
|
1.
Menganalisis peta
|
1.
Siswa kelas XII semester I
diberikan peta tematik lembaran pariaman untuk dioverlay sehingga dapat
menyimpulkan data /informasi yang telah diolah dalam kontek keruangan dalam
perencanaan pembangunan kajian kesehatan dan mitigasi bencana alam khususnya
diderah berbukit.
2.
Siswa kelas XII semester I
diberikan artikel kekinian dan bahan bacaan tentang dasar-dasar peta dan
prinsip SIG juga pemanfaatannya sehingga siswa dapat mengalisis dan
mengkategorikan dalam inventarisasi SDA, dan perencanaan pembanguan di derah
pariaman.
|
4.1 Menyajikan
contoh hasil
analisis
penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
Mengkategorikan konsep peta
|
|
3.
Mempejelas komponen-komponen peta
|
||
4.
Mengklasifikasikan jenis peta ( isi, sumber data,
karateristik, objek yang dipetakaan dan skala )
|
||
5.
Menganalisis Proyeksi peta
|
||
6.
Menentukan garis besar tentang pemanfaatan peta untuk
keperluan perencanaan pembangunan
|
||
7.
Memperjelas konsep dasar SIG
|
||
8. Memperjelas
komponen-komponen SIG
|
||
9.
Menganalisis tahapan kerja SIG
|
||
10. Menganalisis
kelebihan dan kelemahan
SIG dari sistem informasi lainnya
|
||
11. Mengklasifikasikan
Sumber data SIG
|
||
12. Menelaah
Jenis data SIG
|
||
13. Menentukan
Bentuk data SIG
|
||
14. Memperjelas
konsep PPW
|
||
15. Menganalisis
Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam
|
||
16. Menganalisis
Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi perencanaan pembangunan
|
Mengetahui,
Padang, Oktober 2014
Padang,
oktober 2014
Kepala Sekolah
SMA N ARDHIS 2 PARIAMAN Guru Matapelajaran
Geografi
( Devin Ardhi
Saputra S.Pd M.Pd ) ( Devin Ardhis, S.Pd )
Guru Mata Pelajaran Geografi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar