Jumat, 28 November 2014

analisis ki dan kd lengkap

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Ranah Kognitif
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
3.Memahami,menerapkan,menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan,dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
3.1      Menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan dan transportasi.

4.1 Mencoba menginterpretasi citra penginderaan jauh untuk perencanaan tata guna lahan dan transportasi.
·      Menentukan jenis-jenis  citra dalam penginderaan jauh.
·      Mengemukakan aspek interprestasi citra dalam penginderaan jauh .
·      Menjelaskan manfaat dan keunggulan dari penginderaan jauh.
·      Menentukan tata kelola dan lembaga penginderaan jauh di Indonesia.
·      Menganalisis   hasil citra  dan penginderaan jauh.
·      Menampilkan citra digital untuk mendapatkan informasi ciri objek kaitannya dengan pengembanga jaringan transportasi.
·      Menyimpulkanhasilanalisistentangpolasebarantatagunalahandanjaringantransportasikaitannyadengan konsep serta pendekatan geografi yang terdapat dalam citra penginderaan jauh.MenjelaskanDasar-dasar peta dan pemetaan.

C1



C2



C2



C3



C4


C5








C6
·       Membaca referensi tentang penginderaan jauh mulai dari pengertian, jenis-jenis citra dalam penginderaan jauh, aspek interpretasi citra dalam penginderaan jauh, manfaat dan keunggulan penginderaan jauh.
·       Mengamati dan mempelajari hasil citra pada penginderaan jauh.
·       Mendiskusikan dan menganalisis tentang citra digital untuk mendapatkan informasi ciri objek kaitannya dengan pengembangan jaringan transportasi.
·       Membuat peta pola persebaran tata guna lahan dan jaringan transportasi serta pendekatan geografi yang terdapat dalam citra penginderaan jauh.
Tes Tertulis :
Menilai kemampuan siswa tentang penginderaan jauh.

Ringkasan :
Menilai seberapa pemahaman siswa melalui ringkasan tentang penginderaan jauh.

Laporan Kelompok :
Menilai kemampuan siswa dalam menganalisis dan membuat peta pola sebaran tata guna lahan dan jaringan transportasi.


3.2      Menganalisis pemanfaatan peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.

4.2     Menyajikan contoh hasil analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam kehidupan sehari-hari.


·      MengidentifikasiPrinsipSistem Informasi Geografis.
·      MengemukakanSumber data dan basis data Sistem Informasi Geografis (SIG).
·      Menguraikanpemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaanpembangunansertauntukkajiankesehatanlingkungandanmitigasibencana.
·      Menghubungkan Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana dengan pemanfaatan peta.
·      Mengidentifikasiciri-ciridaricontohPenerapandasar-dasarpemetaandanciri-ciridaricontohSistemInformasiGeografidalamkehidupansehari-hari
·      Menganalisis penerapandasar-dasarpemetaandan SIG di dalamkehidupansehari-hari..
·      Menghubungkancontohdaripenerapandasar-dasarpemetaandenganSistemInformasiGeografis (SIG)

C1


C2




C2









C5








C1








C4





C5
·      Secaraindividu diminta mengamati peta, globe, atlas, peta digital hasil olahan SIG, dan membaca referensi  dari berbagai sumber untuk memahami dasar-dasar peta dan pemetaan, prinsip Sistem Informasi Geografis, sumber data dan basis data SIG, pemanfaatan untuk inverntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.
·      Secarakelompok menganalisis data hasil SIG dalam inventarisasi sumber daya alam,perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.
·      Membaca buku tentang pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota secara individu.
·      Mendiskusikan secara kelompok mengenai pola persebaran interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah.
·      Secaraindividu peserta didik diminta untuk membuatataumencari klipingmengenaicontohdaripenerapandasar-dasarpemetaandanSistemInformasiGeografis (SIG) yang selanjutnya dipresentasikan dikelas sehingga peserta didik dapat saling tukar informasi.
TesTertulis:
Menilai kemampuan siswa dalam  penguasaan konsep tentang pemetaan dan SIG.













LaporanKelompok:
Menilaikemampuansiswadalammenganalisis data hasil SIG.



Portofolio:
Menilai kumpulan kliping koran yang dibuat peserta didik sebagai contoh penerapanSIGdalamkehidupansehari-hari.


3.3      Menganalisis pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah.

4.3 Membandingkan pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dengan kota dengan menggunakan peta tematik.
·      Menjelaskan pengertian   desa dan kota.
·      Mengidentifikasikan perbedaan desa dan kota.
·      Menganalisis pola keruangan desa dan kota.
·      Menganalisis interaksi desa dan kota dalam pembangunan daerah.
·      Mendeskripsikan desa dan kota kaitannya dengan distribusi barang dan pengembangan ekonomi daerah.
·      Menggambarkan struktur ruang desa dan kota.
·      Menjelaskan potensi desa dan kota.
·      Mengasumsikan interaksi spasial antara desa dan kota.
C2



C1

C4



C4



C4






C3


C1

C4
·       Membaca referensi tentang desa dan kota.
·       Membaca buku tentang pola persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota.
·       Mendiskusikan secara kelompok mengenai pola persebaran interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi daerah.
Tes Tertulis :
Menilai kemampuan siswa tentang desa dan kota.

Tes Lisan :
Menilai kemampuan siswa dalam menganalisis interaksi spasial antara desa dan kota serta hubungan desa dan kota kaitannya dengan distribusi barang dan pengembangan ekonomi daerah.

Laporan Kelompok:
Menilai kemampuan siswa dalam menganalisis persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota melaui peta tematik.


3.4      Menyusun konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan nasional.

4.4 Mengomunikasikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan nasional dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.

·      Menjelaskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan kota
·      Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan atau fungsional
·      Membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification)
·      Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif
·      Menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan
·      Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
·      Menjelaskan perbedaan spread effect dan backwash effect
·      Mengungkapkan tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
·      Menganalisa batas-batas wilayah pertumbuhan
·      Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
C1



C1




C2





C3

C3


C2

C2



C2


C4


C1
·      Mengungkapkan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional (nodal) dari berbagai referensi
·      Mengidentifikasi kota / wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan fungsional
·      Melalui diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region classification)
·      Secara kelompok menghitung delitimasi wilayah secara kuantitatif dari data yang telah tersedia pada LKS
·      Secara individu menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan (Misalnya : Nanggro Aceh Darussalam sebelum dan sesudah terjadinya gempa bumi/tsunami)
·      Secara kelompok menganalisa perbedaan spread effect dan backwash effect
·      Melalui diskusi, mengidentifikasi fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
·      Menelaah tentang batas-batas wilayah pertumbuhan dari berbagai referensi
·      Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan


Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur










Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis


Bentuk tagihan :
Uraian berstruktur

3.5     Menyusun kajian regional negara maju dan negara berkembang untuk terjalinnya hubungan yang saling menguntungkan.
4.5 Membuat rancangan kerjasama saling menguntungkan antara negara maju dan negara berkembang dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi lainnya.
·      Mengidentifikasi persebaran negara maju dan berkembang.
·      Menjelaskan karakteristik negara maju dan berkembang.
·      Membandingkan pola pertumbuhan ekonomi di negara maju dan  berkembang.
·      Menentukan indikator dalam penggolongan negara maju dan berkembang .
·      Menjabarkan bentuk jalinan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan negara sahabat.
·      Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi Negara maju dan Negara berkembang
·      Membuat peta konsep sebaran Negara maju dan Negara berkembang dari sumber belajar yang digunakan.
C1



C2



C6




C3




C2






C3





C6
·      Membaca buku tentang negara maju dan negara berkembang.
·      Membaca pola pertumbuhan ekonomi di negara maju dan berkembang.
·      Membuat peta persebaran negara maju dan berkembang.
·      Menjelaskan bentuk jalinan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan negara lain.
Tes Tertulis :
Menilai kemampuan siswa tentang negara maju dan berkembang.

Laporan Kelompok :
Menilai kemampuan siswa dalam membuat peta persebaran negara maju dan berkembang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar