Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Ranah
Kognitif
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
3.Memahami,menerapkan,menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan,dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
3.1
Menganalisis citra penginderaan jauh
untuk perencanaan kajian tata guna lahan dan transportasi.
4.1 Mencoba
menginterpretasi citra penginderaan jauh untuk perencanaan tata guna lahan
dan transportasi.
|
·
Menentukan jenis-jenis
citra dalam penginderaan jauh.
·
Mengemukakan aspek interprestasi citra dalam
penginderaan jauh .
·
Menjelaskan
manfaat dan keunggulan dari penginderaan jauh.
·
Menentukan
tata kelola dan lembaga penginderaan jauh di Indonesia.
·
Menganalisis hasil citra dan penginderaan jauh.
·
Menampilkan
citra digital untuk mendapatkan informasi ciri objek kaitannya dengan
pengembanga jaringan transportasi.
·
Menyimpulkanhasilanalisistentangpolasebarantatagunalahandanjaringantransportasikaitannyadengan
konsep serta pendekatan geografi yang terdapat dalam citra penginderaan jauh.MenjelaskanDasar-dasar peta dan pemetaan.
|
C1
C2
C2
C3
C4
C5
C6
|
· Membaca
referensi tentang penginderaan jauh mulai dari pengertian, jenis-jenis citra
dalam penginderaan jauh, aspek interpretasi citra dalam penginderaan jauh,
manfaat dan keunggulan penginderaan jauh.
· Mengamati
dan mempelajari hasil citra pada penginderaan jauh.
· Mendiskusikan
dan menganalisis tentang citra digital untuk mendapatkan informasi ciri objek
kaitannya dengan pengembangan jaringan transportasi.
· Membuat
peta pola persebaran tata guna lahan dan jaringan transportasi serta
pendekatan geografi yang terdapat dalam citra penginderaan jauh.
|
Tes Tertulis :
Menilai
kemampuan siswa tentang penginderaan jauh.
Ringkasan :
Menilai
seberapa pemahaman siswa melalui ringkasan tentang penginderaan jauh.
Laporan
Kelompok :
Menilai
kemampuan siswa dalam menganalisis dan membuat peta pola sebaran tata guna
lahan dan jaringan transportasi.
|
|
3.2
Menganalisis pemanfaatan
peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya
alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.
4.2
Menyajikan contoh hasil
analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
MengidentifikasiPrinsipSistem Informasi Geografis.
·
MengemukakanSumber
data dan basis data Sistem Informasi Geografis (SIG).
·
Menguraikanpemanfaatan
SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaanpembangunansertauntukkajiankesehatanlingkungandanmitigasibencana.
·
Menghubungkan Pemanfaatan SIG untuk
kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana dengan pemanfaatan peta.
· Mengidentifikasiciri-ciridaricontohPenerapandasar-dasarpemetaandanciri-ciridaricontohSistemInformasiGeografidalamkehidupansehari-hari
· Menganalisis
penerapandasar-dasarpemetaandan SIG di
dalamkehidupansehari-hari..
· Menghubungkancontohdaripenerapandasar-dasarpemetaandenganSistemInformasiGeografis
(SIG)
|
C1
C2
C2
C5
C1
C4
C5
|
·
Secaraindividu
diminta mengamati peta, globe, atlas, peta digital hasil olahan SIG, dan
membaca referensi dari berbagai sumber
untuk memahami dasar-dasar peta dan pemetaan, prinsip Sistem Informasi
Geografis, sumber data dan basis data SIG, pemanfaatan untuk inverntarisasi
sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan
mitigasi bencana alam.
·
Secarakelompok
menganalisis data hasil SIG dalam inventarisasi sumber daya alam,perencanaan
pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.
·
Membaca buku tentang pola persebaran
dan interaksi spasial antara desa dan kota secara individu.
·
Mendiskusikan secara kelompok mengenai
pola persebaran interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan
ekonomi daerah.
·
Secaraindividu peserta
didik diminta untuk membuatataumencari
klipingmengenaicontohdaripenerapandasar-dasarpemetaandanSistemInformasiGeografis
(SIG)
yang selanjutnya dipresentasikan dikelas sehingga peserta didik
dapat saling tukar informasi.
|
TesTertulis:
Menilai kemampuan siswa
dalam penguasaan konsep tentang
pemetaan dan SIG.
LaporanKelompok:
Menilaikemampuansiswadalammenganalisis data hasil
SIG.
Portofolio:
Menilai kumpulan kliping koran yang dibuat peserta
didik sebagai contoh penerapanSIGdalamkehidupansehari-hari.
|
|
3.3
Menganalisis pola
persebaran dan interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan
ekonomi daerah.
4.3 Membandingkan pola persebaran dan interaksi spasial antara
desa dengan kota dengan menggunakan peta tematik.
|
·
Menjelaskan
pengertian desa dan kota.
·
Mengidentifikasikan
perbedaan desa dan kota.
·
Menganalisis
pola keruangan desa dan kota.
·
Menganalisis
interaksi desa dan kota dalam pembangunan daerah.
·
Mendeskripsikan
desa dan kota kaitannya dengan distribusi barang dan pengembangan ekonomi
daerah.
·
Menggambarkan
struktur ruang desa dan kota.
·
Menjelaskan
potensi desa dan kota.
·
Mengasumsikan
interaksi spasial antara desa dan kota.
|
C2
C1
C4
C4
C4
C3
C1
C4
|
· Membaca
referensi tentang desa dan kota.
·
Membaca buku tentang pola persebaran
dan interaksi spasial antara desa dan kota.
·
Mendiskusikan secara kelompok mengenai
pola persebaran interaksi spasial antara desa dan kota untuk pengembangan ekonomi
daerah.
|
Tes Tertulis :
Menilai
kemampuan siswa tentang desa dan kota.
Tes Lisan :
Menilai
kemampuan siswa dalam menganalisis interaksi spasial antara desa dan kota
serta hubungan desa dan kota kaitannya dengan distribusi barang dan
pengembangan ekonomi daerah.
Laporan
Kelompok:
Menilai
kemampuan siswa dalam menganalisis persebaran dan interaksi spasial antara
desa dan kota melaui peta tematik.
|
|
3.4
Menyusun konsep wilayah
dan pewilayahan dalam perencanaan pembangunan nasional.
4.4 Mengomunikasikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam
perencanaan pembangunan nasional dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik,
dan atau peta konsep.
|
· Menjelaskan
pengertian konsep wilayah dan pewilayahan kota
· Mengidentifikasi
kota-kota atau wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan atau
fungsional
· Membedakan
generalisasi wilayah (region generalization) dan klasifikasi wilayah (region
classification)
· Menghitung
delimitasi wilayah secara kuantitatif
· Menentukan
batas-batas wilayah pertumbuhan
· Menjelaskan
pengertian pusat pertumbuhan
· Menjelaskan
perbedaan spread effect dan backwash effect
· Mengungkapkan
tahapan fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
· Menganalisa
batas-batas wilayah pertumbuhan
·
Mengidentifikasi karakteristik
pertumbuhan sebuah kota
|
C1
C1
C2
C3
C3
C2
C2
C2
C4
C1
|
· Mengungkapkan
kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional (nodal) dari berbagai
referensi
· Mengidentifikasi
kota / wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan fungsional
· Melalui
diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region generalization) dan
klasifikasi wilayah (region classification)
· Secara
kelompok menghitung delitimasi wilayah secara kuantitatif dari data yang
telah tersedia pada LKS
· Secara
individu menentukan batas-batas wilayah pertumbuhan (Misalnya : Nanggro Aceh
Darussalam sebelum dan sesudah terjadinya gempa bumi/tsunami)
· Secara
kelompok menganalisa perbedaan spread effect dan backwash effect
· Melalui
diskusi, mengidentifikasi fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
· Menelaah
tentang batas-batas wilayah pertumbuhan dari berbagai referensi
·
Mengidentifikasi karakteristik
pertumbuhan sebuah kota
|
Jenis
tagihan :
Tugas individu
Ulangan
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian
berstruktur
Jenis
tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis
Bentuk
tagihan :
Uraian
berstruktur
|
|
3.5
Menyusun kajian regional
negara maju dan negara berkembang untuk terjalinnya hubungan yang saling
menguntungkan.
4.5 Membuat
rancangan kerjasama saling menguntungkan antara negara maju dan negara
berkembang dalam bentuk artikel ilmiah, makalah, atau bahan publikasi
lainnya.
|
· Mengidentifikasi
persebaran negara maju dan berkembang.
· Menjelaskan
karakteristik negara maju dan berkembang.
· Membandingkan
pola pertumbuhan ekonomi di negara maju dan
berkembang.
· Menentukan
indikator dalam penggolongan negara maju dan berkembang .
· Menjabarkan
bentuk jalinan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia
dengan negara sahabat.
· Menentukan
faktor-faktor yang mempengaruhi Negara maju dan Negara berkembang
· Membuat
peta konsep sebaran Negara maju dan Negara berkembang dari sumber belajar
yang digunakan.
|
C1
C2
C6
C3
C2
C3
C6
|
· Membaca
buku tentang negara maju dan negara berkembang.
· Membaca
pola pertumbuhan ekonomi di negara maju dan berkembang.
· Membuat
peta persebaran negara maju dan berkembang.
·
Menjelaskan bentuk jalinan kerjasama
ekonomi antara Indonesia dan negara lain.
|
Tes Tertulis :
Menilai
kemampuan siswa tentang negara maju dan berkembang.
Laporan Kelompok
:
Menilai
kemampuan siswa dalam membuat peta persebaran negara maju dan berkembang.
|
Jumat, 28 November 2014
analisis ki dan kd lengkap
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar