ANALISIS KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR (KI &
KD)
Sekolah : SMA N 2 ARDHIS PARIAMAN
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester : XII/1
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan
perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Ranah Berfikir
|
Alokasi Waktu
|
Pertemuan Ke
|
||
3.1 Menganalisis
pemanfaatan peta dan Sistem Informasi
Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan,
kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.
4.1 Menyajikan
contoh hasil analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi
Geografis (SIG) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Dasar-dasar
peta dan pemetaan
|
1.
Menganalisis peta
|
C4
|
445’
|
1 Dan 2
|
||
2.
Mengkategorikan konsep peta
|
C5
|
||||||
3.
Mempejelas komponen-komponen peta
|
C6
|
||||||
4.
Mengklasifikasikan jenis peta ( isi, sumber data, karateristik,
objek yang dipetakaan dan skala )
|
C4
|
||||||
5.
Menganalisis Proyeksi peta
|
C4
|
245’
|
3
|
||||
6.
Menentukan garis besar tentang pemanfaatan peta untuk
keperluan perencanaan pembangunan
|
C3
|
245’
|
4
|
||||
Prinsip
Sistem Informasi Geografis
|
7.
Memperjelas konsep dasar SIG
|
C6
|
245’
|
5
|
|||
8. Memperjelas
komponen-komponen SIG
|
C6
|
||||||
9.
Menganalisis tahapan kerja SIG
|
C4
|
445’
|
6 Dan 7
|
||||
10. Menganalisis
kelebihan dan kelemahan
SIG dari sistem informasi lainnya
|
C4
|
||||||
Sumber
data dan basis data Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
11. Mengklasifikasikan
Sumber data SIG
|
C3
|
445’
|
8 Dan 9
|
|||
12. Menelaah
Jenis data SIG
|
C4
|
||||||
13. Menentukan
Bentuk data SIG
|
C3
|
||||||
Pemanfaatan
SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan.
|
14. Memperjelas
konsep PPW
|
C6
|
245’
|
10
|
|||
15. Menganalisis
Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam
|
C4
|
||||||
16. Menganalisis
Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi perencanaan pembangunan
|
C4
|
||||||
Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan lingkungan dan
mitigasi bencana
|
17. Menganalisis
Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan
|
C4
|
445’
|
11 dan 12
|
|||
18. Menganalisis pemanfaatan SIG untuk
keperluan mitigasi bencana
|
C4
|
||||||
19. Membuat
makalah tentang contoh hasil analisis penerapan SIG dalam kehidupan
sehari-hari
|
P3
|
||||||
JUMLAH
|
19 INDIKATOR
|
24 x 45 Menit
(24 JP)
|
12 Pertemuan
|
||||
Mengetahui, Padang, oktober 2014
Kepala Sekolah
SMA N ARDHIS 2 PARIAMAN Guru Mata Pelajaran Geografi
( Devin Ardhi
Saputra S.Pd M.Pd ) ( Devin Ardhis,
S.Pd )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar