Jumat, 28 November 2014

analisis KI dan KD (KD 4.1 kelas XII SMA

ANALISIS KOMPETENSI INTI 
DAN KOMPETENSI DASAR (KI & KD)

Sekolah                       : SMA N 2 ARDHIS PARIAMAN
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Semester            : XII/1
Kompetensi Inti          : 
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Ranah Berfikir
Alokasi Waktu
Pertemuan Ke
3.1    Menganalisis pemanfaatan  peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.
4.1    Menyajikan contoh hasil analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam kehidupan sehari-hari.
Dasar-dasar peta dan pemetaan
1.      Menganalisis peta
C4
445’
1 Dan 2

2.      Mengkategorikan konsep peta
C5

3.      Mempejelas komponen-komponen peta
C6

4.      Mengklasifikasikan jenis peta ( isi, sumber data, karateristik, objek yang dipetakaan dan skala )
C4

5.      Menganalisis Proyeksi peta
C4
245’
3

6.      Menentukan garis besar tentang pemanfaatan peta untuk keperluan perencanaan pembangunan
C3
245’
4

Prinsip Sistem Informasi Geografis
7.      Memperjelas konsep dasar SIG
C6
245’
5

8.      Memperjelas komponen-komponen SIG
C6

9.      Menganalisis tahapan kerja SIG
C4
445’
6 Dan 7

10.  Menganalisis kelebihan dan kelemahan
SIG dari sistem informasi lainnya
C4

Sumber data dan basis data Sistem Informasi Geografis (SIG)
11.  Mengklasifikasikan Sumber data SIG
C3
445’
8 Dan 9

12.  Menelaah Jenis data SIG
C4

13.  Menentukan Bentuk data SIG
C3

Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan.
14.  Memperjelas konsep PPW
C6
245’

10
15.  Menganalisis Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam
C4

16.  Menganalisis Pemanfaatan SIG untuk inventarisasi perencanaan pembangunan
C4

Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana
17.  Menganalisis Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan
C4
445’
11 dan 12

18.  Menganalisis pemanfaatan SIG untuk keperluan mitigasi bencana
C4

19.  Membuat makalah tentang contoh hasil analisis penerapan SIG dalam kehidupan sehari-hari
P3

JUMLAH
19  INDIKATOR
24 x 45 Menit
(24 JP)
12 Pertemuan






Mengetahui,                                                                                                                            Padang, oktober 2014                                                                                                                                                                       
Kepala Sekolah SMA N ARDHIS 2 PARIAMAN                                                                Guru Mata  Pelajaran Geografi


( Devin Ardhi Saputra  S.Pd M.Pd )                                                                                  ( Devin Ardhis, S.Pd )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar