Jumat, 28 November 2014

ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KELULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) KD 4.1 kelas XII SMA

ANALISIS KETERKAITAN
STANDAR KELULUSAN (SKL),
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 ARDHIS PARIAMAN
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas                           : XII
Semester                      : I
Materi Ajar                 :   Pemetaan Dan Sistem Informasi Geografis Untuk Pembangunan
Domain
SKL
KI
KD
Materi/Konsep Esensial
Aktivitas Pembelajaran
Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
SIKAP
(Afektif)
 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

1.1 Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa untuk mendalami kajian ilmu dan teknologi Penginderaan Jauh, peta, serta Sistem Informasi Geografis (SIG).


-     Dasar-dasar peta dan pemetaan
-     Prinsip Sistem Informasi Geografiis
-     Sumber data dan basis data Sistem Informasi Geografis (SIG).
-     pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan.
-     Pemanfaatan SIG untuk kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana
-      
Mengamati
·       Peserta didik diminta mengamati peta, globe, atlas, peta digital hasil olahan SIG, dan membaca referensi  dari berbagai sumber untuk memahami dasar-dasar peta dan pemetaan, prinsip Sistem Informasi Geografis, sumber data dan basis data SIG, pemanfaatan untuk inverntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.
·       Peserta didik diminta untuk membuat kliping yang selanjutnya dipajang dikelas sehingga peserta didik dapat saling tukar informasi tentang teknologi penginteraan jauh.

Menanya  
·       Peserta didik mengajukan pertanyaan atau hipotesis, tentang pemanfaatan peta. Sistem Informasi Geografis, untuk inverntarisasi sumberdaya alam, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.
·       Peserta didik diminta untuk mengkritiksi atau menanggapi tanggapan tentang inverntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam tanpa menggunakan SIG. 

Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·       Peserta didik mengidentifikasi dan memanipulasi data   serta meng-overlay-kan peta tematik  untuk mendapatkan informasi keruangan tentang inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.
·       Peserta didik menganalisis data hasil SIG dalam inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana alam.

Mengasosiasi
·       Peserta didik menelaah teori yang dikaitkan dengan fakta dan sumber referensi lainnya untuk merumuskan simpulan tentang efektivitas pemetaan dan sistem informasi geografi dalam inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan serta kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana alam.
·       Peserta didik dapat menyimpulkan urgensi SIG dalam proses pembangunan.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik mengomunikasikan hasil analisis melalui lisan dan tentang pemanfaatan SIG melalui teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat diunggah di internet atau gagasannya dapat disampaikan kepada intansi terkait.
·       Peserta didik menyelenggarakan pameran tentang produk-produk peta dan SIG yang telah dikerjakannya.
Tugas:
Membuat interpretasi citra penginderaan jauh untuk tata guna lahan dan jaringan transportasi.

Observasi: Mengamati kegiatan peserta didik  dalam menginterpretasikan citra penginderaan jauh dan ekspose laporan hasil diskusi analisis tentang penginderaan jauh untuk tataguna lahan dan transportasi

Portofolio:
Menilai semua tugas dan pekerjaan peserta didik selama proses pembelajaran.

Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep penginderaan jauh untuk tata guna lahan dan transportasi.

2.     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.2     Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab dalam menyajikan contoh hasil analisis penerapan informasi geografis melalui peta dasar dan peta tematik serta Sistem Informasi Geografis (SIG).

PENGETAHUAN
(kognitif)
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.

3       Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.2     Menganalisis pemanfaatan  peta dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.

 KETERAMPILAN
(Psikomotor)
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

4.        Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


4.2 Menyajikan contoh hasil analisis penerapan dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam kehidupan sehari-hari.

Mengetahui,                                                                            Padang, Oktober 2014
Kepala Sekolah SMA N 2 PARIAMAN.                              Guru Mata Pelajaran Geografi.


( Devin Ardhi Saputra, S.Pd, M. Si)                                        ( Devin Ardhis S.Pd )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar