ANALISIS KETERKAITAN
STANDAR KELULUSAN (SKL),
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan
Pendidikan : SMA N 2
ARDHIS PARIAMAN
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas :
XII
Semester
: I
Materi Ajar : Pemetaan Dan Sistem Informasi Geografis
Untuk Pembangunan
Domain
|
SKL
|
KI
|
KD
|
Materi/Konsep Esensial
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Penilaian
|
SIKAP
(Afektif)
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk
Tuhan Yang Maha Esa untuk mendalami kajian ilmu dan teknologi Penginderaan
Jauh, peta, serta Sistem Informasi Geografis (SIG).
|
- Dasar-dasar peta dan
pemetaan
- Prinsip Sistem Informasi
Geografiis
- Sumber data dan basis
data Sistem Informasi Geografis (SIG).
- pemanfaatan SIG untuk
inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan.
- Pemanfaatan SIG untuk
kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana
-
|
Mengamati
· Peserta
didik diminta mengamati peta, globe, atlas, peta digital hasil olahan SIG,
dan membaca referensi dari berbagai
sumber untuk memahami dasar-dasar peta dan pemetaan, prinsip Sistem Informasi
Geografis, sumber data dan basis data SIG, pemanfaatan untuk inverntarisasi
sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan
mitigasi bencana alam.
· Peserta
didik diminta untuk membuat kliping yang selanjutnya dipajang dikelas
sehingga peserta didik dapat saling tukar informasi tentang teknologi
penginteraan jauh.
Menanya
· Peserta
didik mengajukan pertanyaan atau hipotesis, tentang pemanfaatan peta. Sistem
Informasi Geografis, untuk inverntarisasi sumberdaya alam, kajian kesehatan
lingkungan, dan mitigasi bencana alam.
· Peserta
didik diminta untuk mengkritiksi atau menanggapi tanggapan tentang
inverntarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan
lingkungan, dan mitigasi bencana alam tanpa menggunakan SIG.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
· Peserta
didik mengidentifikasi dan memanipulasi data
serta meng-overlay-kan peta tematik
untuk mendapatkan informasi keruangan tentang inventarisasi sumber
daya alam, perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi
bencana alam.
· Peserta
didik menganalisis data hasil SIG dalam inventarisasi sumber daya alam,
perencanaan pembangunan, kajian kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana
alam.
Mengasosiasi
· Peserta
didik menelaah teori yang dikaitkan dengan fakta dan sumber referensi lainnya
untuk merumuskan simpulan tentang efektivitas pemetaan dan sistem informasi
geografi dalam inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan
serta kajian kesehatan lingkungan dan mitigasi bencana alam.
· Peserta
didik dapat menyimpulkan urgensi SIG dalam proses pembangunan.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mengomunikasikan hasil analisis melalui lisan dan tentang pemanfaatan
SIG melalui teknologi informasi dan komunikasi sehingga dapat diunggah di
internet atau gagasannya dapat disampaikan kepada intansi terkait.
· Peserta
didik menyelenggarakan pameran tentang produk-produk peta dan SIG yang telah
dikerjakannya.
|
Tugas:
Membuat
interpretasi citra penginderaan jauh untuk tata guna lahan dan jaringan
transportasi.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam menginterpretasikan citra penginderaan
jauh dan ekspose laporan hasil diskusi analisis tentang penginderaan jauh
untuk tataguna lahan dan transportasi
Portofolio:
Menilai semua tugas dan pekerjaan
peserta didik selama proses pembelajaran.
Tes:
menilai
kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep penginderaan jauh untuk tata
guna lahan dan transportasi.
|
2. Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab dalam menyajikan contoh hasil analisis
penerapan informasi geografis melalui peta dasar dan peta tematik serta
Sistem Informasi Geografis (SIG).
|
|||||
PENGETAHUAN
(kognitif)
|
Memiliki pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.
|
3 Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.2 Menganalisis
pemanfaatan peta dan Sistem Informasi
Geografis (SIG) untuk inventarisasi sumberdaya alam, perencanaan pembangunan,
kesehatan lingkungan, dan mitigasi bencana.
|
|||
KETERAMPILAN
(Psikomotor)
|
Memiliki kemampuan pikir dan
tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.2 Menyajikan contoh hasil analisis penerapan
dasar-dasar pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mengetahui, Padang,
Oktober 2014
Kepala Sekolah SMA N 2 PARIAMAN. Guru Mata Pelajaran
Geografi.
( Devin Ardhi Saputra, S.Pd, M. Si) ( Devin Ardhis S.Pd )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar